Tuesday, April 20, 2010

SORRY! GUE BUKAN DEMONSTRAN YANG BAIK!!

Kejadian ini terjadi ketika saya masih semester 5 di tahun 2009




“Ka kita mau demo apaan sih?” kata Moyo ke ka Titi. Belum ka Titi ngejawab si Ijan udah teriak “TURUNKAN HARGA KOSAN!!” Ijaaaaannn!!

Gue diam. Sementara orang-orang disekeliling gue berteriak. Ntah lah, gue memang akan selalu memilih diam ketika orang-orang disekitar gue melakukan hal yang belum bisa gue anggap benar.

Gue menoleh ke belakang. Gue liat sekerumunan orang dengan spanduk bertuliskan “Kami Cinta Indonesia” dan diikuti tulisan dibawah nya “Selamatkan POLRI dan KEJAKSAAN”, yah, mereka para demonstran tandingan untuk kelompok demonstran tempat gue berdiri sekarang. Lagi-lagi gue diam, sebenernya gue bingung, ini pertama kali gue ikut aksi. Di kepala gue saat itu, mumpung masih bertitle ‘Mahasiswa’ kapan lagi ‘turun’ ke jalan?!

Ijan : Udah berapa kali ikut demo mbak? (anak Mahkamah angkatan 08)

Gue : Baru kali ini Jan!! (sambil ketawa cengar-cengir)

Ijan : HAHAHA... kirain??!! Sama dong!!

Gue : Belum jadi mahasiswa kalau belum turun ke jalan Jan!! Hahahaaa...

Sejenak gue noleh lagi kearah demonstran tandingan, tiba-tiba Romi nyeletuk dengan logat krapyak nya

Romi : Bisa diliat, itu isinya tukan becak, pedagang pasar yang dibayar sama oknum tertentu!! Susah kalau sudah masalah perut...

Gue mencoba untuk mencerna ucapan Romi. ‘jadi mereka hanya sekedar bagian dari skenario politik ya..’

Romi : Liat tu Sa... cewek-cewek ‘SARKEM’ nya pada keluar!! Ngerti apa mereka soal demo! Ditanya masalah POLRI sama KPK aja mereka belum tentu tahu!!

Hhh... gue Cuma bisa tarik nafas dalam, jujur, gue tahu Romi benar tapi...
Sesekali mata gue memandang ke arah polisi yang mengatur jalan demo kami. Sampai detik ini pun, meski gue berdiri di barisan yang sebut saja ‘kontra’ dengan posisi mereka.

Okay, gue kembali ke motivasi awal. Sebagai manusia yang menganut teori ‘tidak ada kebenaran dan kesalahan yang mutlak di dunia ini’ yang diciptakan oleh gue sendiri, gue ikut aksi ini sebenernya sebagai pihak yang netral. Gue masih sangat mengapresiasi setiap lembaga hukum yang ada, gue mengapresiasi orang-orang jujur yang masih ada di dalam lembaga tersebut tepat nya. Karena dalam hidup ini, gue selalu percaya bahwa tidak ada satupun manusia yang diciptakan sebagai orang jahat. Hanya saja tekanan hidup setiap orang itu berbeda, dan ketika orang tersebut pada akhir nya emnjadi jahat dan salah, maka hal yang harus dilakukan oleh orang yang ‘merasa’ benar adalah membenarkan mereka tanpa menyalahkan. Yaaaah... itu sih mindset gue, kalau ada yang enggak setuju enggak apa-apa kok =D

“Bukan Annisa Rahmah kalau enggak melakukan kebodohan!” Itu kata noe temen gue.

Yup! Kemarenpun dalam aksi gue melakukan beberpa kebodohan.
Gue bingung. Ada ibu-ibu di samping gue yang tampaknya dari LBH di DIY, dengan semangat 45, si ibu teriak “TURUNKAN SUSNO DUAJI!!” buseeeet ni ibu biasa jegat tukang sayur ni pasti!! Gue yang disamping nya Cuma cengar-cengir... lalu si ibu itu berceloteh “haduuuuh... mana ini semangat mahasiswa nya?? ini semua mahasiswa kan? Kok pada melempem si?” dan gue pura-pura ga denger... emang mahasiswa harus garing ya? (garing kebalikan dari melempem kan? Ngasal!) . saat itu gue masih tenang, sampai akhirnya, entah dari arah mana Uda Rito (Ketua Dewan Mahasiswa fakultas gue) muncul bagai jin Tomang dibelakang gue.

Gue : Lhaaaaa!! Ka Ritooo?!!!
Ka Rito : Kenapa Nisa (dengan muka cengar-cengir alis naik turun, sumpah ni ketua Dema gue emang ‘rada’ ye! heheheee)

Ka Rito : Eh Nisa... teriak dong!! Ngapain ikutan aksi kalau diem doang?!
Gue : Haaah bawel ni Ka Rito.. Nisa kan...

“HIDUP MAHASISWA!!!” belum gue sempet ngelanjutin omongan gue, Ka Rito udah teriak aja di belakang kuping gue! Sumpah pengang abiiis kuping gue.

Gue : Ka Ritooooo!!

“SELAMATKAN KPK!!!” lagi... lagi.. dan lagi... Ka Rito teriak ‘pas-banget-dibelakang-kuping-gue!’ gue Cuma bisa noleh ke belakang ngeliat muka Ka Rito yang kaya nya puas banget sambil cengar-cengir. Ya... Ka Rito emang bener sih, ngapain gue ikut demo kalau Cuma diem (walau ga teriak di belakang kuping orang juga kan ka...) akhirnya, gue mencoba untuk menjawab ‘cengar-cengir’ ka Rito yang penuh makna tantangan itu, dengan cara...

“HIDUP MAHASISWA!!!” gue teriak dengan sekuat tenaga!!

Dan.... Siiiiiiiing.... semua orang termasuk para petani kulonprogo yang ikutan demo pada ngeliatin gue, diem dan... Gue denger banget si cula sama eel (anak mahkamah juga) udah cekikikan dibarisan belakang, dan yang paling nyebelin pas gue ngeliat mukanya Ka Rito yang puas banget. Walau Ka Rito diem aja tapi di jidat nya tu kaya ada tulisan ‘wakakakak’!! asli malu abis gue!! “Ga papa dek, lain kali suara kamu harus bulet’ ujar Ka Titi nenagin gue.

Bodo amat, bodo amat....!!! gue tetep berjalan dan melanjutkan aksi dengan Pe-De nya! mm... mungkin terlalu Pe-De sih... tapi... apa perasaa gue doang atau gimana ya... kok banyak yang ngeliatin ke arah gue walau Cuma curi-curi pandang (note: kebanyakan yang ngeliatin gue ya mas-mas gitu... hiiiiih... bukannya bangga, malah serem gue!) gue celingak-celinguk aja... berfikir, mungkin gara-gara gue teriak tadi kali ya gue diliatin... tapiiiiii... ternyataaaaa...gue baru sadar kalau jilbab gue warna nya ‘gonjreng’ sendiri! yaiyalah gonjreng! Gue pake jilbab rada shocking pink ditengah krumunan orang pake baju item! T.T siaaaaalll...
Pas gue taro di status di twitter ‘@annnisarahmah: gue baru sadar pas demo jilbab gue gonjreng sendiri? Jegeeeer!!’ , si moyo bocah laknat dari mahkamah nge-retwiit yang kira-kira seperti ini ‘@ismoyoradityo: lo mau godain pak polisi nya kan Sa!! RT @annisarahmah gue baru sadar pas demo jilbab gue gonjreng sendiri? Jegeeeer!!’
Haaaaaaahhhh!! (>.<) kesaaaal.

Kebodohan ketiga gue. Mungkin karena gue belum sarapan dan konsentrasi gue menurun atau mungkin karena konsentrasi gue emang ga pernah naek, gue melakukan kebodohan lagi. sebelum berangkat si Cula udah warning gue untuk tetap berdiri di barisan paling pinggir! Walau dalam dunia per-aksi-an yang namanya wanita itu selalu ditempatkan di tengah

Gue : berdiri di pinggir biar apaan cul?
Cula : iiiih biar ke-shoot kamera doong mbaaaak!! Lumayan, banter masuk jogja tivi!!
Gue : Wuuuuuaaaaahhh beneeeer!! (gue emang senior gampangan)

(tolong jangan ditiru, gue dan cula sangat sadar kok atas apa yang kami lakukan adalah tidak benar... )

Mungkin karena niat gue ikutan aksi memang udah sangat menyimpang maka Tuhan pun memberikan hukumannya ke gue...
Gue meper-meper dipinggir barisan, gue berani ngelakuin hal itu karena gue tau ada Ijan di samping gue, jadi gue engga perlu takut ilang. Sampai akhirnya gue baru inget sama salah satu adek gue dari mahkamah juga si Echa—yang bertugas jadi fotografer—daritadi enggak keliatan. Gue khawatir. Sambil mata gue nyari-nyari si Echa, gue mukul pundak Ijan!! ‘Jan.. Jan... Echa mana ya Jan...’ kata gue. Mata gue terus menyusuri jalan mencari Echa... ‘JAN!! ECHA ILANG JAN!’ kali ini suara gue lebih keras dengan pukulan yang lebih keras di pundak Ijan sampai akirnya gue noleh dan narik bahu Ijan karena dari tadi gue di cuekin. ‘IJAAAAAaa..aa..an’ suara gue dari teriak langsung terbata-bta pas gue sadar yang dari tadi gue pukulin n gue teriakin bukan si Ijan! Lagi-lagi mas-mas si petani kulonprogo!! TIDAAAAAAKKKK!!!

Hhhh... (~_~!) kaya nya gue ikut aksi Cuma malu-maluin nama Mahkamah aja deh...

Atas semua kebodohan yang telah gue lakukan gue sadar dan tidak mau banyak berulah. Sampai akhirnya di depan gedung BI DIY. Ditengah panas yang beneraaaan deh panas nya... gue dan temen-temen mahkamah yang lain benar-benar sudah tidak bisa memaksakan diri untuk mendengar orasi para orator. Akirnya kami memilih untuk berfoto-foto ria ditengah aksi damai itu (yaah... mungkin beberapa dari kalian bakal mikir kalau kita ‘sampah’ dalam sebuah aksi damai atau demonsrasi, tapi percaya deh, kami punya cara sendiri untuk ber-‘aksi’ dan mungkin, turun ke jalan bukan cara terbaik bagi kami)

Ka Gitra : Heeeeh dek! Kok malah foto-fotoan si kalian! (ka gitra selaku sesepuh Mahkamah), mbok ya didengerin kalau orang lagi orasi...!
Gue : Hah! Males ah! Habis isi orasi enggak keluar di ujian! Omongan dosen aja yang nyata-nyata keluar di ujian jarang Nisa dengerin..!

Ka Gitra hanya mengurut dada dan menarik nafas panjang. Gue yakin, kalau ada bambu runcing pasti gue udah tombak tuh!

Yaaaah... kalau dilihat dari aspek apakah gue dan beberapa temen MAHKAMAH gue adalah peserta aksi damai yang baik? Pasti jawaban nya tidak. Tapi bukan berarti kami tidak peduli dengan masalah yang di orasikan para orator. Ketika mereka berteriak ‘Turunkan SBY’ maka difikiran gue hanya... ‘lalu siapa yang bakal gantiin?’, ketika mereka berteriak Polisi seperti bebek, gue tetap melihat sosok polisi sebagai sosok seorang pengabdi. Mungkin benar bahwa banyak dari mereka yang tidak layak untuk dikatakan abdi masyarakat, dan biarlah mereka—para mahasiswa yang turun ke jalan itu dan para aktivis—yang menghujatnya, tapi biarkan gue sebagai orang yang hanya membawa nama pribadi memberi apresiasi bagi segelintir dari mereka yang tetap memilih untuk mengabdi kepada masyarakat. Mereka yang mau mengatur jalan di hari raya ketika seharusnya mereka berkumpul dengan keluarga, mereka yang mengatur jalan di tengah terik panas, dan mungkin segelintir dari mereka adalah mereka yang benar-benar bersentuhan dengan masyarakat.

Terus terang... gue engga biasa dengan cara beberapa orator dalam berorasi yang dalam orasinya terdapat unsur hinaan, hujatan, yang menurut gue belum pas. Kata Romi, gue itu aliran kanan (gue juga ga ngerti maksudnya apa) mau digimanain juga gue engga bakal bisa diajak untuk kontra pemerintah.
Menurut gue ini bukan masalah pro dan kontra. Untuk saat ini, gue mengatakan benar dan salah dari apa yang ada didalam fikiran gue. Lagi-lagi, gue bukan tipe manusia yang bisa mengikuti ombak pilihan dominan manusia sejenis gue. Ketika memang lebih banyak teman-teman gue yang memilih untuk berjuang dengan ‘turun dijalan’ lanjutkan lah... karena mungkin memang bentuk perjuangan seperti itu diperlukan, tapi bukan berarti hanya itu satu-satu nya jalan yang bisa dipilih.

Mungkin ini terakhir kalinya gue ikut aksi, setelah aksi pertama gue pas OSPEK, yang lagi-lagi waktu itu gue dipaksa orasi di atas mobil pick-up didepan satu angkatan dan dengan TOA yang cukup menggelegar gue malah teriak “SALAM KORUPSI!!” dan itu sukses ngebuat temen-temen gue dibarisan depan cekakakan karena harus nya gue bilang ‘SALAM ANTI KORUPSI’, mana waktu itu gue pake acara nyanyi segala diatas pick-up. Niat nya sih biar engga malu atas kesalahan ‘salam korupsi’ gue tadi, eh ternyata malah malu-maluin!!!. Sepertinya gue punya cara sendiri untuk menjadi mahasiswa yang ‘peduli’, semoga.

No comments:

Post a Comment