Friday, November 27, 2009

BeLajar menjadi HEBAT dari semua KEHEBATAN...


Perasaan ini sering hadir ketika banyak simpang siur bayangan seseorang yang berwujud sosok ‘hebat’di mata gue. Entah karena kehandalannya dalam berfikir, kemampuan nya dalam membuat hubungan pertemanan, atau sekedar fisik yang seolah memberikan nilai ‘sempurna’ untuk hidup nya. Gue ga pernah menentang ketika seseorang mengatakan logika harus lebih kuat daripada perasaan. Tapi terkadang tanpa kita sadar semuanya menjadi terbalik—perasaan bisa menjadi lebih kuat dibanding logika—di keadaan tertentu.

Hhhh... gue ga tau, apakah manusia tidak cukup yakin bahwa Tuhan tidak akan terlalu iseng untuk menciptakan mahkluk sesuka hati Nya. Gue percaya, gue percaya banget bahwa Tuhan Maha Pintar untuk mengkaitkan takdir manusia yang satu dengan yang lain untuk sebuah tujuan yang berharga. Sebuah tujuan yang akan selalu memberikan pembelajaran untuk hidup kita, dan dapat gue simpulkan bahwa ga akan ada yang sia-sia di dunia ini.

Gue akui, kadang gue mencoba menilai diri gue lewat orang lain. Seandai gue se”...” dia, seandai nya gue bisa seperti dia, seandainya gue... dan terus gue mengkerdilkan diri gue terhadap orang-orang yang hadir didalam hidup gue. Sampai di satu titik, gue sadar. Bahwa Tuhan menciptakan mereka—sosok hebat itu—bukan untuk mengkerdilkan diri gue, bukan untuk membuat gue tidak bersyukur dengan apa yang gue miliki. Tuhan menghadirkan mereka agar gue bisa menjadi sosok yang lebih baik lagi. Tuhan ingin membisikan pesan ke gue bahwa ”Tuhan akan selalu memberikan kesempatan bagi umat-Nya untuk menjadi sosok yang hebat!” , dan seperti nya gue mulai bisa mendengar bisikan itu.

Bersyukur. Selama ini gue diberi kesempatan untuk mengenal banyak orang diberbagai daerah. Gue sangat bersyukur disediakan banyak macam kehidupan untuk gue pahami dan belajar dari sana. Engga ada manusia yang sempurna, benar. Tapi, karena itulah Tuhan memberikan kita hidup kan? Hidup sebagai ruang takdir kita untuk berusaha menyempurnakan diri.

Gue ga ngerti kenapa tiba-tiba gue nulis note semacam ini. Tapi seperti nya gue perlu menyampaikan bisikan yang gue dengar tadi kepada siapapun yang membaca note ini. Bahwa lo itu berharga. Terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang lo miliki. Hidup engga sekedar berbicara tentang dua sisi, seperti bagus-jelek, pintar-bodoh, ataupun sekedar hitam-putih. Hidup itu warna, lo bisa mencampurkan warna sesuka hati lo, tergantung gambar apa yang bakal lo lukis diatas kanvas hidup lo. Tuhan memberikan kanvas yang sama untuk setiap manusia. Putih. Tuhan juga memberikan jumlah warna cat yang sama. Tapi pada akhirnya, akan ada jutaan bahkan milyaran lukisan yang berbeda. Kenapa? Karena Tuhan memberikan bentuk harapan dan mimpi yang berbeda. Dan keindahan lukisan lo bergantung dengan diri lo sendiri. Semakin lo menganggap diri lo berharga, maka akan semakin berharga lukisan hidup lo. Untuk lo sendiri ataupun orang-orang disekitar lo yang mencintai lo.

12.58AM
Kamar-Yogyakarta
15-09-09

1 comment:

  1. kadang kita melihat seseorang itu hebat, dan kita ingin menjadi seperti dia...
    saat kita tau siapa dirinya ternyata dia tidak lebih baik dari kita
    tau kenapa...
    karena allah swt selalu akan memberikan apa yang kita butuhkan,BUKAN yang kita inginkan..
    sesungguhnya dia maha mengetahui lebih dari siapapun...

    ReplyDelete