Friday, March 25, 2011

Terimakasih Tuhan :)


Semua manusia lahir dengan kekuatan dan kekurangan. Saya sadari itu.

Saya, Kamu, Dia, Mereka...

Kekuatan dan kekurangan itu Tuhan bagi dengan tidak sama rata, namun ketidaksamarataan itu akan selalu menjadi seimbang dan paling tepat untuk

Saya, kamu, dia, mereka dan semua orang,

percayalah.


semua orang punya seribu cerita yang menggairahkan untuk diceritakan. Saya suka bercerita, tapi saya lebih suka mendengarkan.

Ketika saya mendengarkan, saya akan membiarkan diri saya untuk terkagum-kagum dengan Pencipta saya karena mampu menggariskan takdir manusia berbeda-beda, namun selalu menarik untuk didengar, dan dipelajari.


Kita tidak akan pernah tahu dengan siapa kita akan bertemu. Dengan siapa kita akan membenci, berbagi dan pada akhirnya saling melengkapi. Kita tidak akan pernaha tahu siapa yang akan memberikan perubahan terbesar dalam hidup kita; orang tua, sahabat, guru, atau mungkin seorang pengemis di pinggir jalan? kita tidak akan pernah tahu kawan. Itu sebabnya, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak menghargai seseorang, karena mungkin, seseorang yang tidak kita hargai itulah yang akan membuat hidup kita jauh lebih berharga.

Siang ini sebuah obrolan saya dapat dari seorang teman. Seseorang yang katakan saja saya tidak pernah berpikir saya akan mendapatkan cerita yang begitu menarik dari seorang DIA! Kami menghabiskan waktu membicarakan tentang keluarga, kekuatan pikiran, dan rahasia "wish list" saya. Saya suka mendapatkan teman berbicara yang mempunyai keyakinan sama seperti saya: Your mind creates your world.. dan seorang Decrates mengatakan Cogito ergo sum (aku berpikir, maka aku ada), kekuatan berpikir seseorang akan selalu mebuat orang tersebut benar-benar ada, ada sebagai mahkluk yang unik yang dimiliki dunia.






Suatu hari saya menemukan diary saya ketika saya baru mengenakan putih abu-abu untuk pertama kalinya. Disana saya menemukan sebuah tulisan yang berisi:

Hari ini gue bertekad untuk menjadi seseorang. Menjadi seseorang yang terlihat, dan semua orang menyadari bahwa gue ada. Hidup gue terlalu berharga ketika hanya dihabiskan untuk bersembunyi atau berkutat dengan keteraturan yang membosankan.
Tuhan, bantu hamba. Hamba ingin menjadi seseorang yang berguna bagi orang lain. Seseorang yang melakukan sesuatu, apapun itu. Saya ingin ADA.







Saya tersenyum membaca tulisan itu. Tulisan seorang gadis yang penuh dengan semangat.

Llau saya membolak-balik beberapa diary saya ketika SMA, saya sering menulis diary, karena saya yakin suatu saat tulisan-tulisan itu akan hadir sebagai suatu kekuatan yang penuh kerahasiaan yang selalu berhasi membuat saya bertahan atas sebuah kondisi yang kurang menyenangkan.

Di kertas terakhir yang terdapat tulisan, saya menemukan sebuah tulisan yang sangat berhasil membuat saya tersenyum lebar, tulisan itu bertulis:

HARI YANG LUAR BIASA.

Terimakasih Tuhaaaaaaaannnnn...
Akhirnya, mahasiswa juga!! Lengkapnya: Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada. Tuhaaaaaan... akhirnya lelah saya usai dan terbayar. Terimakasiiiiiih,,,,,,

Baik, Tuhan. Ini semacam laporan pertanggungjawaban saya kepada Engkau, tentang apa saja yang sudah saya lakukan selama hampir tiga tahun masa SMA saya:

1. Tahun pertama masuk ekskul LIRA mading sekolah; saya kaget kalau ekskul yang saya masuki, ekskul yang paling tidak eksis dan kurang kegiatan, tapi saat itu saya yakin Tuhan kalau saya bisa membuat LIRA jauh lebih menyenangkan!!! Dan tahun kedua saya memilih untuk tetap memilih LIRA sebagai ekskul saya. Saya terpilih menjadi ketua LIRA, dan saya berhasil membuat LIRA punyab lemari kaca untuk pertama kalinya... itu semua karena saya engga rela tulisan temen-temen saya, adik-adik kelas saya dicoret-coret sama pengecut sekolah yang ga bertanggung jawab!! dan akhirnya, entah keberanian dari mana saya menghadap guru kesiswaan dan meminta lemari kaca. Dan atas izinMu, sekolah menyediakan lemari kaca untuk LIRA. Terima kasih Bu Endang selaku pembimbing, Bu Farida Guru kesiswaan, dan Abang2 yang buat lemarikaca. Terimakasih Tuhan.

2. Karena gendang telinga nyaris sobek akibat kesamber petir, saya gagal menjadi BPH OSIS. Kesempatan lain; saya menjadi kepala bidang 8, kesenian dan apresiasi siswa. Saya terpilih menjadi wakil pelaksana pensi ulang tahun sekolah. Pensi yang tidak mengundang artis terkenal, bukan pensi besar, tapi... atas proses yang saya dapat, itu pensi yang luar biasa bagi saya. Belajar untuk berjalan di atas cacian teman sendiri, belajar untuk memaafkan orang yang menyakiti kita, belajar untuk percaya dengan kemampuan kita, belajar untuk meyakini satu hal: ketika kita sudah berusaha sekuat tenaga, berdoa dan mempasrahkan semuanya kepada Tuhan, maka tidak ada alasan bagi Tuhan untuk tidak memberikan yang terbaik untuk kita. Dan sesuatu yang terbaik tidak selalu terlihat baik oleh kita. Karenanya, apapun yang kita dapatkan atas usaha yang maksimal dan doa yang tulus, syukurilah. InsyaAllah ada renca Tuhan di baliknya. Itu yang terbaik untuk kita.

3. Dipercayai menjadi pemimpin redaksi untuk majalah sekolah pertama. Sebuah kondisi di mana saya tidak berpengalaman sama sekali dalam menerbitkan majalah. Bagaimana mengorganisasi tulisan yang masuk, bagaimana melayout dan mencetak dna yang terparah saya tidak tahu bagaimana mendapatkan uang untuk membuat majalah ini benar-benar ada!! Tapi di balik itu semua, saya menyadari satu hal, apa yang tidak bisa Tuhan lakukan? asal kita punya niat yang baik dan keikhlasan dalam menjalani sesuatu, kita harus yakin bahwa setiap tantangan akan selalu membawa kita pada satu tingkat lebih tinggi ketika kita bisa menghadapinya dengan baik. Atas kerjasama teman-teman, akhirnya majalah kami terbit!! kami angkatan pertama yang menerbitkan majalah untuk sekolah kami!! Apakah kami melakukan itu dengan mudah? tidak! yang masih saya ingat ketika saya menghadap kepala sekolah dan membawa dumy majalah yang saya kerjakan semalaman tanpa tidur. Lalu apa yang saya dapatkan dari kepala sekolah saya: "Kamu yakin tulisan ini menarik untuk di baca? saya kok enggak yakin ya" dan meletakan tulisan itu di depan wajah saya. Intinya: Tulisan anda sampah! silahkan membuat yang jauh lebih baik. Saya menangis saat itu. Tapi saya tersenyum saat ini. Saya bangga dengan diri saya saat itu. hehehe....

4. Atas proker yang saya ajukan, saya terpilih menjadi ketua pelaksana wisuda angkatan. Saat itu MCnya adalah NAGA (yang sekarang vokalisnya LYLA) tapi saat itu dia belum terkenal. HAhahahaha...

5. Walaupun tidak menjadi yang pertama, tapi piagam dengan tulisan "pemuncak kelas" berhasil saya dapatkan. horeee!!

6. Menjuarai lomba debat bersama Audi dan Edit. Bangganya saat nama saya dipanggil saat upacara bendera!! tapi temen-temen sempet heran n nanya: Mang debaat apaan Sa? terus saat Pak Mul menjawab dengan TOA nya : DEBAT PANGAN SEHAT!!! serentak dua kelas Ilmu Sosial pada ketawa ngakak terutama cowok-cowoknya!! "Whaelaaah Sa!! pantesan lo menang!! temanya aja pangan sehat!! itu sih emang jago lo!!!" Siaaaaallll!!! tapi emang kocak sih!! ahahahhahaa
Saya bukan siapa-siapa di Tim itu... Audi dan Edit lah yang paling memberikan kontribusi banyak kemenangan kami!! terimakasih kawan!!!

7. Terakhir Tuhan,,, saya dipercayai menjadi ketua pengadaan sweater angkatan. Ini juga penuh air mata!! sempat gencatan senjata sama beberapa teman karena proyek ini!! syukurnya semua selesai dengan indah. VELICIOMATIC. Dengan sistem subsidi silang, seluruh angkatan punya sweater ini. (^,^)v

Tuhan yang baik,,, terimakasih atas semua pencapaian ini. Tidak akan bisa tanpa izin Mu, tanpa kekuatan Mu, tanpa sahabat yang menguatkan, dan semua karena Mu Tuhan. Terimakasih.

Tuhan... apakah ini semua cukup membuat saya ADA selama tiga tahun masa SMA saya?

SEMOGA :)




Saya tersenyum lebaaaaaaar sekali saat itu. Dan itulah yang saya tanamkan saat ini. Ketika kita mempunyai keinginan, mimpi dan harapan, cukup yakini bahwa kita bisa mewujudkannya. kuncinya hanya satu:

Ketika kita mampu memimpikannya, berarti kita mampu mewujudkannya.


Terimakasih kepada teman saya Farah yang sudah membagi cerita yang penuh harapan siang ini. Terimakasih atas tips : ketika kita punya mimpi, katakan ke semua orang!! Pati menyenangkan!! hehehehee

Semoga, mimpi kita bisa terwujud di masa depan!! saling mendoakan!! dan saling menceritakan!! SEMESTA... DENGARKANLAH MIMPI KAMI.


TUHAN... SELALU PELUK IMAN KAMI DAN TERUSLAH MENGAWASI KAMI.


AMIN.

2 comments: