Tuesday, June 16, 2015

PROJEK BAHAGIA!

“…Manusia yang paling dicintai Allah adalah yang paling bermanfaat bagi manusia, dan pekerjaan yang paling dicintai Allah adalah menggembirakan seorang muslim, atau menjauhkan kesusahan darinya, atau membayarkan hutangnya, atau menghilangkan laparnya. Sungguh aku berjalan bersama saudaraku yang muslim untuk sebuah keperluan lebih aku cintai daripada beri’ktikaf di masjid ini (masjid Nabawi) selama sebulan…”
(HR. Thabrani di dalam al-Mu’jam al-Kabir, no. 13646)




Kita tidak perlu menunggu kaya untuk memberi. Tidak perlu menunggu bahagia untuk membahagiakan. Tidak perlu menunggu kuat untuk menolong.

Karena kita bisa melakukan kebaikan kapan saja tanpa harus menunggu apapun. Tuhan selalu memberi jalan untuk semua kebaikan, karena tidak diragukan lagi, DIA adalah sumber kebaikan itu sendiri. Maka dekatilah Tuhan, cari perhatiannya dengan melakukan banyak kebaikan yang Dia senangi.

Bahagia itu diciptakan, bukan ditunggu ataupun dicari. Dan salah satu keadaan yang tidak bisa diingkari sebagai sebuah alasan berbahagia adalah saat kita tahu bahwa kita adalah alasan kebahagiaan untuk orang lain.

Projek Bahagia Jog-JA-Karta adalah manifestasi atas keyakinan saya akan hal di atas. Adalah mimpi saya untuk bisa memberikan manfaat bagi banyak orang. Dulu saya pernah bilang kepada seorang teman,” Gue pengen jadi orang kaya!! Biar bisa bagiin banyak duit buat nolongin orang-orang yang membutuhkan!”, dan saat itu juag teman saya membalas ucapan saya dengan sangat datar sambil membaca buku yang ada di tangannya (bahkan) tanpa melihat saya, “Kalau mau nolongin orang, ya nolongin aja, ga usah pake alasan nunggu kaya segala. Lo bisa ngelakuin banyak hal tanpa harus nunggu kaya dulu.”

Saya terdiam saat itu. “caranya?” tanya saya.
“Lo pikir aja deh sendiri, yang jelas, kalau emang niat lo buat kebaikan ya do something lah, buka sekedar wacana”, jawabnya masih sambil asik membaca buku tanpa menatap mata saya.

Dari situ saya paham, (seharusnya) saya bisa melakukan banyak hal untuk bisa membantu banyak orang, dan terciptalah PROJEK BAHAGIA Jog-JA-Karta ini. Saya percaya selalu ada jalan yang baik untuk melakukan dan mencapai kebaikan,dengan keterbatasan kondisi saya, saya yakin bisa memfasilitasi teman-teman yang juga memiliki niat yang sama besar dengan saya tapi kebingungan untuk memulainya. Maka saya dan Ayunita—sahabat saya di Jogja—memutuskan untuk yang memulainya dan menggerakan harapan-harapan ini menjadi suatu hal yang nyata.

Lewat PROJEK BAHAGIA ini saya ingin membuktikan kepada banyak orang bahwa kita bisa melakukan banyak kebaikan dengan apa yang kita miliki. Banyak yang bertanya kepada saya, minimal nyumbang berapa kalau mau ikutan PROJEK BAHAGIA?

Sekali lagi, ini PROJEK BAHAGIA. PROJEK yang bertujuan untuk menciptakan kebahagiaan bagi semua yang terlibat di dalamnya. BAHAGIA tidak melulu berbicara tentang nominal uang. Bahagia akan hadir saat kita merasa ikhlas dengan apa yang kita dapat, kita berikan dan kita lakukan. Maka kami hanya menginginkan siapaun yang ingin berpartisipasi bisa melakukan apapun yang menyukseskan acara ini dengan kunci IKHLAS.

APA YANG AKAN DIWUJUDKAN DALAM PROJEK INI?

KEBAHAGIAAN TENTUNYA!! Kebahagiaan kita karena bisa membahagiakan orang lian! Maka PROJEK bahagia ini pada akhirnya akan memngumpulkan dana untuk diberikan kepada anak yatim-piatu Panti Asuhan atau Tafiz Qur'an yang memang benar-benar membutuhkan dana tersebut.

Kebahagiaan kedua adalah Kebahagiaan kita karena bisa menolong sesama muslim yang harus menjalankan ibadah salat di tempat umum seperti stasiun kereta ataupun temapt umum lainnya dengan menggunakan alat solat yang bersih dan layak. InshaAllah ini bentuk investasi amal jariyah kita yang bisa diperhitungkan oleh Allah kelak.

BAGAIMANA UNTUK BISA BERPARTISIPASI DALAM KEGIATAN INI?

Buat kamu yang ingin ikutan projek ini dan mendapatkan kebahagiaan seperti yang dijelaskan di atas, maka kamu bisa berkontribusi seperti di bawah ini:

IKHLAS menyisihkan hartanya—berapapun nominalnya
IKHLAS memberikan tenaga dan pikiran untuk turut serta turun ke lapangan melakukan survei Panti Asuhan dan Harga Alat solat, sehingga dana yang terkumpul bisa tepat sasaran dan membuahkan hasil yang maksimal sesuai harapan
IKHLAS untuk turut membantu mendistribusikan dana ke Panti asuhan yang telah disurvey dan dianggap layak untuk menerima bantuan serta mendistribusikan alat solat di temapt-tempat yang membutuhkan.
IKHLAS mendoakan agar acara ini lancar dan bisa membahagiakan sebanyak-banyaknya orang.

Sesuatu yang dinafkahkan (disadaqahkan) tidak akan mendatangkan kerugian dan marabahaya. Apa saja yang dinafkahkan akan diganti oleh Allah, bahkan akan ditambahkan karunia-Nya kepada mereka dan disempurnakan pahala bagi mereka. Janganlah takut miskin karena bershadaqah, sesungguhnya Allah adalah sebaik-baik pemberi rezeki kepada hamba-Nya



Jadi, jika ingin berpartisipasi dalam kegiatan ini, kalian bisa memilih salah satu atau keseluruhan 4 poin di atas, LAKUKAN DENGAN IKHLAS DAN BAHAGIA TENTUNYA!!

Kembali lagi, tujuan akhir kegiatan ini adalah IBADAH. Maka niatkan semuanya untuk mencari keridhaan Allah yang inshaAllah akan memberikan ketenangan dan ketentraman hati bahwa setidaknya hidup kita bisa bermanfaat untuk orang lain, dan jelas itu adalah satu dari sekian banyak hal yang bisa membuat kita merasa bahagia bukan?

Jadi... mari berpartisipasi dalam PROJEK BAHAGIA Jog-JA-Karta ini!! Entah sebagai donatur, relawan (kami menyebut para relawan dengan “HAPPY PEOPLE!”) ataupun donatur skaligus relawan. Terutama untuk wilayah Jakarta sangat dibutuhkan beberapa relawan untuk survei Panti Asuhan dan pendistribusian alat-alat salat.

Bagi yang berminat bisa menghubungi
ANNISA WA/SMS/LINE : 085860048455 (JABODETABEK)
AYUNITA WA/SMS/LINE: 081228383345 (YOGYAKARTA)

(BANK yang tersedia: BRI, BNI, MANDIRI dan MUAMALAT. Nomor rekening akan diberikan sesuai permintaan)

Ar-Ra’d : 022. Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik), 023. (yaitu) surga `Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu;

Lakukan apapun yang bisa membuat kita bahagia. Bahagia itu penting, tapi betapa membosankan hanya terus memikirkan kebahagiaan diri sendiri. Lebih menyenangkan bisa bahagia karena membahagiakan orang lain.





Ummul mukminin, Kahdijah radhiallahu ‘anha juga pernah memuji sifat suaminya, ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam merasa takut bahwa dirinya terancam saat menerima wahyu pertama,

“Janganlah begitu, bergembiralah! Demi Allah, Allah tidak akan menghinakanmu, selama-lamanya. Demi Allah! Sesungguhnya, kamu telah menyambung tali persaudaraan, berbicara jujur, memikul beban orang lain, suka membantu orang yang tidak punya, menjamu tamu, dan sentiasa mendukung kebenaran.” (HR. Al-Bukhari no. 4572 dan Muslim no. 231)

dan oleh sebab itu, maukah kalian menjadi bagian dari kebahagian ini dan bergembira bersama-sama? ;)


1 comment:

  1. trimakasih infonya,,
    sangat bermanfaat,,
    mantap,,

    ReplyDelete