Tuesday, October 15, 2013

Untuk Udin!

Tulisan ini saya persembahkan untuk kawan saya Udin...
(Ga papa lah ya nama lo gue samarin jadi Udin,,, )

Din,, kemarin pas lo ngeline gue, hape gue shutdown tiba-tiba...
Lo taulah ya hape gue dah bapuk banget. Tapi karena keterbatasan dana hura-hura, jadi kemarin curhatan kita terpotong begitu saja...

Padahal,,, pas gue nerima LINE lo yang bilang kalau Tuhan enggak baik sama elo bener-bener ngebuat mata gue yang tadinya udah mau bobok cantik jadi berapi-api lagi, Din!


Udin, teman gue yang kadang kece tapi lebih sering nyebelin, gue mau kasih tau sesuatu buat lo

Terkadang, kita melihat sesuatu yang terjadi dalam hidup sebagai hal yang enggak adil. Gue juga pernah begitu. Mungkin sering. Tapi... semakin kesini, gue belajar pelan-pelan; terkadang gue sebagai manusia itu sok tahu. Sok ngerti n sok paham tentang apa yang terjadi di dalam hidup gue. Dulu gue ga paham sama konsep "selalu ada rencana Tuhan di balik semua kejadian", tapi kenyataannya sekarang, gue ngerasain KONSEP ITU BENERAN ADA!

Udin,,, demi lo, gue bongkar deh rahasia-rahasia gue tanpa ada kegengsian sedikitpun...

Waktu SMA, gue pengen banget bisa jadi BPH OSIS. Dan untuk mendapatkan apa yang gue mau, ya gue usaha sekuat tenaga. Eh! dua hari sebelum debat kandidat, telinga gue kesamber petir gara-gara gue ngegosip pake telepon pas ujan gede! Intinya: Gue gugur jadi calon BPH OSIS karena gue harus kontrol kuping! Lo bisa bayangin ga si Din, gue harus ngelepas harapan gue gara-gara alasan super konyol! dan saat itu enggak ada yang percaya kalau kuping gue kesamber petir!

Tapi...

Lo tau apa kata nyokap gue? kata nyokap,"Dek, Tuhan ngasih musibah pasti ada alasannya. mungkin enggak jadi BPH OSIS yang terbaik buat, dedek... pasti nanti ada gantinya yang jauh lebih baik "

Waktu itu gue cuma iyain aja. Menurut gue, TUHAN ENGGAK ADIL!

Tapi kemudian, gue terpilih jadi kepala bidang kesenian dan apresiasi siswa, Udin. Gue bisa jadi ketua ekskul Mading kaya Cinta di AADC (HAHAHAHA), gue dikasih kesempatan buat nerbitin majalah sekolah yang pertama buat sekolah, gue bisa ngerasain dicaci-maki dan didukung saat gue jadi penanggungjawab pensi sekolah. Dan gue enggak bakal bisa ngerasain pengalaman itu semua kalau gue menjabat jadi BPH OSIS! Oke. Sekarang gue mulai percaya apa kata nyokap gue dulu adalah BENAR!.

Terus...

Hal yang dulu sempat gue tanyakan ke Tuhan adalah: Ya Tuhan... kenapa dari sekian ratus orang mahasiswa hukum, kenapa gueee yang kepilih jadi mahasiswa bimbingan Prof Jenie?!!
Karena IPK gue tinggi? -enggak-
Karena gue pinter ngomong? -enggak-
Karena judul skripsi gue Prof. Jenie banget? -engggaaaaak-
Karena Pak Pit yang sebagai ketua bagian perdata mau ngisengin gue? -ini, bisa jadi- -nggak ding!-

terus kenapaaaa?!!!

Lo bisa tanya sama Teti n anak-anak yang tiap hari masang muka belas kasihan ngeliat gue nongkrong di depan ruang Prof. Jenie buat bimbingan!
Lo tanya anak MAHKAMAH yang ngeliat gue nangis sendirian di sekre gara-gara gue dimarahin beliau.
Lo liat blog gue jaman skripsi yang isinya kegalauan semua.

Gue nanya ma Allah, Gue salah apa? maksudnya apa ngasih pembimbing Prof. Jenie?
Kenapa bukan Bu Antari atau Bu Ninik atau siapapun yang bisa membuat skripsi gue lebih mudah diselesaikan!

Udin,,, selama skripsi gue sering banget jatuh sakit karena saat itu gue ngerasa psikologis gue capek... tapi...
gue kasih tau lo rahasia ya, Din...

saat gue ngerasa sekarat, tiap malam gue nangis kaya orang depresi, gimana ga depresi, gue ma teti masukin draft di tanggal yang hampir sama... teti udah mau sidang, gue masih BAB 1 !! Sakit banget kalau inget-inget itu...

Tapi kemudian nyokap nyuruh gue banyak-banyak minta tolong sama Allah, solat duha dikencengin, solat tahajud juga plus solat dua rakaat kalau hati udah mulai gundah...

Ok,,, gue coba buat ngelakuin itu. pelan-pelan. Dan suatu ketika gue nemuin buku tapi gue lupa judulnya apa,,, gue asal aja buka halaman tu buku n nemu kalimat (kurang lebih intinya kayak begini): Kau dipertemukan dengan seseorang bukan tanpa alasan. Tuhan memiliki tujuan terhadap kau dan dia yang dipertemukan kepada mu. Entah dia yang akan mengajarkan sesuatu kepada mu, atau kau yang akan mengajarkan sesuatu untuknya.

Ga tau kenapa, kalimat itu dalem banget buat gue, Udin!

Mulai sejak itu, selain gue pol-polin ibadah, gue juga pol-polin PDKT sama Prof. Jenie. Bodo amat awalnya gue dicuekin sama beliau... tapi lama kelamaan... gue sadar kalau Prof Jenie ga sejahat yang gue bayangin...

Walau beliau sempet nyuruh gue analisis SEMA yang keluar tahun 1946 (dan gue panik harus nyari dimana) tapi gue dapet ilmu yang mungkin ga semua mahasiswa bisa dapet... gue dan Prof. Jenie duduk berdua ngebahas SEMA ini... Kadang beliau cerita tentang Hazairin atau tokoh-tokoh hukum yang cuma gue tau lewat buku... kadang beliau curhat tentang keluarganya,,, dan itu MENYENANGKAN buat gue!!

Gue ngerasa gue berhasil mengubah suatu hal yang menyebalkan menjadi hal yang menyenangkan karena gue berusaha untuk mengubah perspektif gue! mungkin mahasiswa lain banyak yang mengasihani gue dapet DPS beliau,, tapi buat gue saat ini... gue bersyukur pernah ngerasain sensasi seperti ini!!


Gue makin yakin,,, kalau kita bisa berbaik sangka sama Allah.. Allah akan ngasih yang terbaik untuk kita, Udin...

Udin... Lo jangan lagi bilang kalau Tuhan benci sama lo...
yang ada, gue liatnya lo yang benci ma Tuhan.

Udin... jangan karena lo belum dapetin apa yang lo inginkan, itu berarti Tuhan enggak sayang sama lo, itu salah, Din!
Lo harus memikirkan banyak kemungkinan! Lo belum dikasih kerjaan atau mungkin lo belum diloloskan dalam suatu pekerjaan mungkin ada alasannya


1. Pekerjaan itu terlalu remeh-temeh buat kemampuan lo yang luar biasa! (sombong sekali-kali enggak papa din!)
2. Ketika lo bekerja di situ lo enggak bisa enjoy dan tertekan di kemudian hari!
3.(Atau mungkin ini yang bisa lebih lo pikirin):

Mungkin saat ini, yang Allah mau adalah lo bisa terus berada di samping nyokap lo yang lagi sakit,,, Din... Allah lagi ngasih kesempatan buat lo untuk nabung pahala sebanyak-banyaknya dengan ngerawat orang yang ngebesarin dan nyayangin lo selama hidup lo, yaitu nyokap and bokap lo

Enggak semua orang dikasih kesempatan ini lho Udin...

Pahala merawat dan menjaga orang tua itu luar biasa besarnya... hidup lo bisa berkah kalau lo selalu didoain sama orang tua lo... yang nyokap, ya bokap lo...

Jadi... jangan lo bandingin; "kenapa temen-temen gue yang pemabok, begajulan bisa dapet apa yang dia mau, dan gue enggak?"

Gue cuma bisa bilang, "Ya karena Allah sayang sama lo... Allah memberikan apa yang lo butuhin, bukan apa yang lo inginin"

Wjar Din.. lo sedih ketika ga keterima tes kerja... gue juga dulu pernah ngerasain itu... boleh sedih, tapi jangan lama-lama ya...

Udin...

Di mata gue,, lo tuh orang yang berani untuk bermimpi! waktu lo ke rumah gue dan lo bilang "Sa! gue mau jadi ini... gue mau ikut itu... " gue ngeliat kalau orang yang lagi cerita di depan gue ini, cowok yang punya mimpi dan berani bilang kalau "OKE! LO LIAT GUE BAKAL NGEJAR MIMPI GUE!" dan percaya deh sama gue,,, saat lo cerita lo mau jadi ini jadi itu... saat itu juga gue ngedoain lo dalam hati biar lo bisa menjadi apa yang lo inginin, jadi seseorang yang bahagia dengan pilihan hidup lo...

Lo orang yang cukup cuek sama pandangan orang-orang ke lo... lo punya kepercayaan diri yang gede!

Lo pinter! Lo supel! Lo bukan orang yang ikut arus!

Jadi! Gue yakin banget SECEPATNYA lo bakal jadi orang SUKSES!!!

Udin... semua orang bakal mati, tapi asl lo tau kalau enggak semua orang benar-benar merasakan hidup.

Lo tau kenapa? karena saat ini lebih banyak orang yang takut dan enggak yakin sama mimpinya... dan kita, bukan orang yang seperti itu!! kita punya mimpi! Mimpi gue; BISA NERBITIN BUKU YANG SAAT ORANG BACA BUKU GUE, MEREKA BAKAL NARIK NAFAS DALAM, MATA BERKACA-KACA DAN BISA JADI ORANG YANG LEBIH BAIK! GUE PENGEN PUNYA BUTIK DAN DESAIN BAJU YANG SAAT ORANG MENGENAKAN BAJU GUE, MEREKA BISA MERASA CANTIK!! Dan gitupun elo kan? ELO PUNYA MIMPI BUAT JADI ... (boleh ga gue tulis di sini??)

Walaupun kemudian ternyata kehendak Tuhan berkata lain, misalnya Tuhan bilang, 'Sa.. kamu enggak cocok jadi pemilik butik baju! kamu cocoknya jadi pemilik showroom mobil AUDI!" ya gue harus terima! (hahahahha,,, ngarep sih itu namanya)


Udin,,, jangan pernah lagi bilang kalau Tuhan jahat sama lo ya...

Tak kenal maka tak sayang... jadi coba lo kenalan lebih dekat sama Tuhan kita...

Bagi gue, Tuhan kita baik... baik banget malah :)

Udin... dengan di hati lo yakin bahwa Tuhan selalu bersama lo dan bakal selalu melindungi lo, itu udah lebih dari cukup! Lo memiliki segalanya kalau lo memiliki Tuhan di hati lo...

Sebaliknya, walaupun lo punya uang segambreng tapi enggak ada Tuhan di hati lo,,, lo cuma bakal jadi manusia yang kosong... lo enggak bakal pernah merasa cukup.

Gue paham banget kekhawatiran lo... di saat teman-teman lain udah berlari dengan karir dan kerjaan mereka dan kita seperti berjalan di tempat... Gue pun sering galau soal ini... tapi... gue coba untuk bertahan sebentar lagi... melihat rencana apa yang sedang Tuhan siapkan buat gue...
Gue bersabar bukan diam, gue juga berusah kok lamar sana-sini sambil nyelesein S2 gue...


sekali lagi ya UDIN...

Lo tuh hebat!
Lo tuh kuat !

Dunia bakal lihat kehebatan dan kekuatan lo secepatnya...

Jangan pernah putus asa! sekali lo putus asa, artinya lo nyia-nyiain potensi hebat yang ada di diri lo!!



Saat ini,,, entah kenapa gue ngerasa orang yang paling membutuhkan kekuatan dan kehebatan lo adalah nyokap n bokap lo :)

Jaga mereka selagi ada kesempatan, Udin...

Jaga mereka kalau lo memang nyari hidup yang penuh keberkahan...

Minta maaf sama mereka, minta didoakan mereka...


Gue bukannya mau sok bijak n ngerasa agamanya udah paling bener... karena selama ini gue beragama karena keyakinan... gue yakin Tuhan baik, pemurah, penyayang, pelindung, bijaksana, gue yakin. Gue yakin tanpa gue membuka tafsir atau ikut pengajian rutin. Sesederhan itu saja; GUE YAKIN.

Dan sekarang... cobalah untuk yakin seperti itu ya Udin...

Kita saling mendoakan!

Semoga kelak kita bisa sama-sama sukses! bisa sama-sama jadi manusia yang bermanfaat buat orang lain!

Entar kalau buku gue udah terbit, atau butik gue udah dibuka,, lo gue undang deh! ahahhahaa

Lo juga undnag gue kalau udah punya production house sendiri yaa!!!

AYO UDIN SEMANGAT!!!!!!



No comments:

Post a Comment