Wednesday, February 4, 2015



Mungkin benar, ada banyak hal di dunia ini yang tidak perlu dimengerti secepatnya. Terkadang kita hanya harus menunggu dan membiarkan waktu memberikan ruang bagi pikiran kita untuk memahami hal-hal itu. Maka yang harus dilakukan saat ini adalah menerima
.
Saya percaya, Tuhan menciptakan beberapa hal saling bertolak belakang sesungguhnya agar memudahkan kita untuk mendefinisikan satu dan yang lainnya; seperti kita butuh merasakan sedih untuk menghargai kebahagiaan; kita butuh tahu bagaimana rasa pahit agar kita paham bagaimana manis; kita butuh tahu bagaimana dikecewakan agar kita bersyukur ketika kita dibahagiakan, dan seterusnya.

Tapi sering yang saya temukan adalah banyak orang yang mengeluh saat matahari bersinar terlalu terik, kemudian tetap mengeluh ketika hujan terlalu sering merintik. Apa mungkin ini karena kita yang terbiasa untuk menyalahkan banyak hal bahkan semua hal?

Yang saya tahu, sedih itu manusiawi. Kadang saya membiarkan hati saya mengakui bahwa saya sedang bersedih atau kecewa. Dan saya bersyukur, saya dikelilingi orang-orang yang selalu mengajarkan saya untuk bisa menghargai semua perasaan yang kita rasakan—dan kalian salah satunya. Jika kita bisa menikmati sebuah kebahagiaan, maka seharusnya kita juga bisa belajar menikmati sebuah kesedihan. Toh seperti yang saya bilang tadi, kita butuh paham apa itu bersedih agar kita jeli bagaimana cara terbaik untuk berbahagia.

Seperti kita butuh tahu bagaimana rasanya kehilangan untuk belajar bagaimana caranya mempertahankan.
Butuh tahu bagaimana rasanya disepelekan untuk belajar bagaimana caranya menghargai.

Jadi jika kita diberi kesulitan saat ini, diberi kesedihan, diberikan kehilangan, diberikan keputus-asa-an, mungkin Tuhan sedang membantu kita untuk memahami makna sebaliknya.

Kalian tahu, kadang sayapun muak untuk terus mencoba menenangkan dan menyenangkan hati dan pikiran melalui kalimat-kalimat bersayap seperti ini. Tapi, seseorang pernah mengatakan kepada saya, sesedih apapun kondisi yang kita punya, kita tidak boleh kehilangan kepercayaan kepada kebaikan Tuhan, karena mungkin kesedihan yang kita punya adalah kesempatan yang Tuhan berikan untuk membuktikan iman yang kita punya.

Ketika kita memercayai Tuhan, bukan berarti masalah kita akan tiba-tiba menghilang, tapi setidaknya, kita bisa meminta untuk menjadi lebih kuat. Karena kita percaya, jika kita punya Tuhan, kita punya segalanya


____ _____ _____

Dear teman-teman gue yang sedang bersedih karena sebuah kehilangan, sebuah kegagalan, sebuah kelelahan, dan sebuah kekecewaan dalam bentuk apapun. Tulisan ini gue tulis buat kalian, enggak tahu bisa nolong atau enggak, tapi semoga bisa sedikit mengurangi kesedihan kalian ya...

Gue cuma mau bilang kalau bersedih itu manusiawi. Engggak ada yang salah dengan rasa ini. Tapi kalau bisa sedihnya jangan lama-lama ya... :)

No comments:

Post a Comment