Wednesday, April 10, 2013

Tidak Selalu Tahu




Kita tidak pernah tahu kemana pada akhirnya kita memutuskan kaki kita untuk melangkah. Kepada siapa hati kita untuk mencintai. Atau ditempat seperti apa kita akan menghabiskan sisa waktu kita di bumi ini.

Manusia punya kebebasan untuk merencanakan kehidupan yang terindah untuk dirinya. Tapi Tuhan punya kekuasaan untuk menentukan kehidupan yan terbaik untuk umatNya. Jadi jangan takut. Jangan takut tersesat. Jangan takut dengan gelap yang sementara atau kesepian yang hanya sesaat.

Jangan takut dengan perasaan ‘tertinggal’. Karena Tuhan selalu setia berjalan beriringan bersama umat yang percaya kehadiranNya. Jangan takut untuk merasa lelah. Jangan menyerah hanya karena sedikit luka dan beban yang kau rasa membuat hidupmu payah. Jangan.


Karena saat kau memilih untuk tetap berjalan dengan luka-luka itu, kau sedang memilih untuk menjadi satu dari sekian banyak manusia yang berproses menjadi kuat.

Di suatu saat ketika kau sungguh merasa sekarat, maka beristirahatlah dalam gelap. Cobalah untuk menyapa dirimu sendiri. Akuilah kelelahan yang kau punya. Gunakan air mata yang Tuhan bekalkan untuk menghapus sedihmu. Lalu berjalanlah lagi sesuai apa yang hatimu katakan. Percayalah, kaulah yang terbaik untuk kehidupanmu sendiri.

Hidup tidak akan berakhir hanya karena satu atau dua masalah yang datang.
Hidup tidak akan berhenti hanya karena satu atau dua orang yang peri meninggalkanmu. Tidak.


Hidupmu akan terus berjalan selama kau masih menginginkannya.
Hidupmu akan terus berjalan selama kau masih memperjuangkannya.
Hidupmu akan terus berjalan selama kau masih mau menerimanya sebagai berkah yang tidak semua mahkluk dapatkan.


Saya belum pernah bertemu dengan Tuhan. Belum pernah melihat Tuhan. Belum pernah mengobrol langsung bersama Tuhan.
Tapi saya percaya Tuhan tidak akan terlalu iseng untuk menciptakan manusia tanpa misi kehidupan. Tuhan menciptakan mahkluk satu dengan mahkluk lainnya, manusia satu dengan manusia lainnya tidak lain untuk saling mengenal dan memahami. Kita tidak pernah tau, sangat mungkin seorang manusia yang merasa tidak berarti tanpa ia sadari mampu menginspirasi manusia lain. Kita tidak pernah tau, saat kita menangis dan mengaku sebagai manusia terbodoh, ada manusia lain yang belajar dari kehidupan kita.

Kita tidak selalu tau dan sadar tentang ini, teman...

Kita tidak selalu tahu betapa berharganya hidup yang kita miliki...

Kita tidak selalu tahu bagaimana merasa bersyukur dan terberkati...

Kita tidak selalu tahu tentang hal-hal ini,


Terkadang saya pun begitu...


2 comments: